Pendidikan kesehatan pada pasien CHF

By | April 3, 2013

Congestive Heart Failure (CHF) adalah suatu kondisi dimana jantung tidak secara memadai memompa darah ke seluruh tubuh (Black, 2009). CHF (Congestive Heart Failure) adalah penyakit kronis yang menimbulkan beban yang signifikan bagi klien dan keluarga maupun bila dirawat di rumah sakit karena kondisinya yang kompleks.
Pendidikan kesehatan yang perlu diberikan pada pasien dengan CHF untuk bisa mandiri antara lain : tanda dan gejala CHF, manajemen berat badan, rekomendasi diet dan pengobatan (whasburn, 2008).
Menurut Bruner (2005), Pada saat pasien pulang untuk menjalani perawatan di rumah, pasien atau pengasuh diberikan pendidikan kesehatan dan akan dapat:
a. Mengidentifikasi CHF sebagai penyakit kronis yang dapat dikelola dengan obat-obatan dan dapat dilakukan manajemen secara mandiri.
b. Mengambil dan minum obat setiap hari, sesuai program.
c. Memantau dampak dari obat-obatan.
d. Mengenali tanda-tanda dan gejala hipotensi ortostatik dan bagaimana untuk mencegahnya.
e. Timbang berat badan sendiri setiap hari. Dapatkan berat pada waktu yang sama setiap hari (misalnya, setiap pagi setelah buang air kecil).
mencatat dan melaporkan kenaikan berat badan ≥ 2-3 lb (0,9-1,4 kg) dalam 1 hari atau 5 lb (2,3 kg) dalam 1 minggu.
f. Batasi asupan natrium untuk 2-3 g sehari: beradaptasi diet dengan memeriksa label nutrisi untuk memeriksa kandungan natrium melayani; menghindari makanan kaleng atau olahan; makan makanan segar atau beku; berkonsultasi rencana diet ditulis dan daftar makanan diperkenankan dan dibatasi; menghindari penggunaan garam, dan menghindari ekses dalam makan dan minum.
g. Review program kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *