Sejarah sebagai sumber rekreatif.

By | April 6, 2013

Sejarah dapat memberikan kesenangan dan rasa estetis karena penulisan sejarah mampu menarik pembaca berekreasi tanpa beranjak dari tempat. Kita dapat menyaksikan peristiwa peristiwa yang telah lampau dan jauh terjadinya. Kita dapat melihat keindahan dan kehebatan masyarakat pada waktu itu dan kita seolah-olah mengelilingi negeri jauh dan menyaksikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau, dengan membaca sejarah pembangunan piramida di mesir atau Taj Mahal di India.

Piramida dibuat oleh Para insinyur Mesir kuno menghitung dulu jarak piramida dengan matahari, karena matahari adalah salah satu hal terpenting dalam kehidupan masyarakat Mesir kuno. Ilmuwan masa kini pun mengakui kehebatan mereka dalam membangun piramida yang termasuk tujuh keajaiban dunia ini. Waktu, harta, dan tenaga yang dikeluarkan demi pembangunan piramida pun luar biasa banyaknya. Pembangunan piramida membutuhkan waktu sekitar dua puluh tahun dan mempekerjakan lebih dari sepuluh ribu budak, dan banyak yang nyawanya melayang. Piramida terbesar berada di Giza.

Sejarah pembangunan piramida ini sangat menarik perhatian kita,pembangunan piramida membutuhkan ilmu dan teknologi yang sangat diperhitungkan. Bagaimana pada masa tersebut dapat membangun sebuah bangunan yang megah dan penuh perhitungan?Sejarah sebagai rekreatif ini akan mendorong masyarakat untuk maju dan lebih terbuka, dapat bergaul dengan siapa pun, menyenangi ilmu dan teknologi, disiplin, bekerja keras, menghormati hukum, inovatif, produktif, serta mau bekerja sama untuk mencapai cita-cita bangsa. Proses rekreasi terhadap berbagai peristiwa di masa lampau memungkinkan orang untuk bercermin diri. Orang yang maju pasti akan lebih dinamis sebab melihat adanya masa depan yang cerah yang didasarkan pada pengalaman masa lalu yang indah dan menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *