Pengertian Artefak

Artefak atau artifact merupakan benda arkeologi atau peningalan benda-benda bersejarah, yaitu semua benda yang dibuat atau dimodifikasi oleh manusia yang dapat dipindahkan. Contoh artefak adalah alat-alat batu, logam dan tulang, gerabah, prasasti lempeng dan kertas, senjata-senjata logam (anak panah, mata panah, dll), terracotta dan tanduk binatang. barang yang bersejarah ini sangatlah penting untuk diletakkan di museum sehingga semua orang dapat melihat dan mempelajarinya.

artefakArtefak adalah semua benda baik secara keseluruhan atau sebagian hasil garapan tangan manusia, contohnya, candi, patung, dan perkakas. Peralatan peralatan yang dihasilkannya dapat menggambarkan tingkat kehidupan masyarakat pada saat itu (sudah memiliki akal dan budaya yang cukup tinggi), bahkan dapat juga meggambarkan suasana alam, pikiran, status sosial, dan kepercayaan para penciptanya dari suatu masyarakat, hal inilah yang perlu dicermati oleh para sejarawan.

 Artefak dalam arkeologi mengandung pengertian benda (atau bahan alam) yang jelas dibuat oleh (tangan) manusia atau jelas menampakkan (observable) adanya jejak-jejak buatan manusia padanya (bukan benda alamiah semata) melalui teknologi pengurangan maupun teknologi penambahan pada benda alam tersebut. Ciri penting dalam konsep artefak adalah bahwa benda ini dapat bergerak atau dapat dipindahkan (movable) oleh tangan manusia dengan mudah (relatif) tanpa merusak atau menghancurkan bentuknya.

artefak kapak lonjongArtefak adalah :  Sesuatu yang dibuat oleh manusia,  Sesuatu yang diamati dalam  penyelidikan/penelitian ilmiah yang mana sesuatu tersebut tidak muncul secara alami tetapi sebagai hasil prosedur penyelidikan.

Manusia pra sejarah menggunakan artefak sebagai upaya bertahan hidup dan sebagai pendukung pelbagai aktifitasnya. Fungsi dari sebuah alat merupakan hal yang menjadi poin utama pembuatan sebuah benda bagi manusia prasejarah. Artefak menjadi ukuran kebudayaan manusia yang kemudian dibagi menjadi beberapa pembabakan zaman.